Sinkronisasi Program Balai TN Berbak dan Sembilang Dengan 4 Kecamatan di Kabupaten Tanjung Jabung Timur

Simpang, 3 Februari 2021 – Demi terwujudnya sinkronisasi dan harmonisasi, Balai Taman Nasional (TN) Berbak dan Sembilang turut aktif berpartisipasi dalam kegiatan Musrenbang Tingkat Kecamatan yang diadakan Pemerintah Daerah secara paralel untuk 4 (empat) kecamatan (Nipah Panjang, Sadu, Rantau Rasau dan Berbak) pada Dapil 2 (dua) Kabupaten Tanjung Jabung Timur. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 03 Februari 2021 ini dilakukan secara virtual melalui aplikasi zoom meeting dan dibuka oleh Bupati Kabupaten Tanjung Jabung Timur yang diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Pembangunan dan dihadiri oleh perwakilan DPRD Provinsi Jambi, Pimpinan dan anggota DPRD Kab. Tanjabtim, OPD lingkup Kab. Tanjabtim, Camat Sadu, Camat Nipah Panjang, Camat Berbak, Camat Rantau Rasau, BPN, Tokoh Masyarakat serta instansi terkait lingkup kecamatan.

Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I Balai TN Berbak dan Sembilang beserta jajarannya dan Ka Brigdalkarhut TN Berbak dan Sembilang ikut serta mensukseskan musrenbang Tingkat Kecamatan ini bersama Camat Berbak, Kepala Desa Lingkup Kecamatan Berbak beserta instansi terkait lainnya di ruang rapat kantor Kecamatan Berbak secara virtual melalui zoom meeting. Musrenbang Tingkat Kecamatan ini merupakan tindak lanjut dari musrenbang di tingkat Desa yang telah dilaksanakan pada tanggal 20-22 Januari 2021 dimana Balai TN Berbak dan Sembilang telah berpartisipasi aktif dalam kegiatan tersebut mengingat 4 (empat) dari 6 (enam) desa yang berada di Kecamatan Berbak yakni Kelurahan Simpang, Desa Telago Limo, Desa Sungai Rambut dan Desa Rantau Rasau merupakan Desa Penyangga Kawasan TN Berbak.

Dalam sambutan Bupati Tanjung Jabung Timur yang dibacakan oleh staf ahli Bupati Bidang Ekonomi dan Pembangunan menghimbau untuk mempertajam RKPD dan Renja Perangkat Daerah Lingkup Kabupaten Tanjabtim, selain itu sesuai arahan dari Pemerintah Pusat bahwa fokus kegiatan yang kedepannya diarahkan kepada Pemulihan Ekonomi Nasional. Kegiatan dimulai dengan paparan dari masing-masing Camat pada Dapil 2 serta narasumber yang berasal dari Bappeda dan DPRD.

Berdasarkan paparan usulan kegiatan dari Kecamatan, terdapat tiga usulan kegiatan yang selaras dengan program kegiatan Balai TN Berbak dan Sembilang yaitu pelaksanaan pelatihan menjahit yang merupakan tindak lanjut dari kegiatan bantuan peningkatan usaha ekonomi masyarakat oleh Balai TN Berbak dan Sembilang dalam bentuk mesin jahit, pengadaan perahu wisata  dalam pengembangan wisata di kecamatan Berbak yang terintegrasi dengan wisata kawasan TN Berbak dan pengadaaan peralatan pemadaman kebakaran hutan dan lahan di desa sebagai antisipasi dan pencegahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan. Dengan aktifnya Balai TN Berbak dan Sembilang dalam kegiatan musrenbang ini kedepannya diharapkan adanya sinkronisasi perencanaan kegiatan lingkup kecamatan maupun kabupaten dengan program yang ada di Balai. Hasil dari kegiatan musrenbang tingkat kecamatan ini dijadikan sebagai bahan pendukung dalam penyusunan RKPD Kabupaten Tanjabtim tahun 2022.

Sumber : Balai TN Berbak dan Sembilang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *