Penanaman Bibit Pohon Bersama Masyarakat

Berbak, 18 Juni 2021 – Dalam rangka memperbaiki kualitas lingkungan di sekitar kawasan TN Berbak dan juga mendorong kesadaran masyarakat dalam melestarikan sumberdaya lahan, SPTN Wilayah I melakukan kegiatan penanaman bibit tanaman yang berasal dari persemaian permanen BPDAS Batanghari Jambi di halamam kantor-kantor lingkup Kecamatan Berbak dengan melibatkan pegawai instansi dan pelajar.

Bibit tersebut terdiri dari jenis buah-buahan antara lain Durian, Jengkol, Sirsak, Alpukat, dan Jambu biji, serta tanaman berkayu yaitu Ketapang Kencana, Meranti, Bulian, Gaharu dan Kalianda. Selain itu bibit yang diperoleh secara gratis dari persemaian permanen BPDAS Batanghari ini juga dibagikan kepada masyarakat untuk dapat ditanam di pekarangan rumah maupun di lahan masyarakat yang masih kosong.

Kegiatan penanaman ini juga dapat dilakukan oleh semua lapisan masyarakat dengan cara mengirimkan permintaan bibit ke kantor BPDASHL yang ada di provinsi masing-masing dan menanam dilahan yang terbengkalai. Pohon mempunyai fungsi yang sangat banyak bagi keberlangsungan hidup manusia sudah seharusnya kita menjaga pohon yang sudah ada dan menanam pohon.

Kegiatan ini diharapkan dapat dilakukan secara rutin bersama masyarakat terutama dengan melibatkan generasi muda untuk menumbuhkan kesadaran pentingnya menanam dan melestarikan lingkungan sekitar.

Sumber : Balai TN Berbak dan Sembilang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *