Koordinasi Kepala Balai TNBS dengan Bupati Tanjung Jabung Timur

Jambi, 14 Desember 2021 – Kepala Balai TNBS Pratono Puroso didampingi Kepala SPTN Wil I Bobby Sandra melakukan audiensi dengan Bupati Tanjung Jabung Timur H. Romi Haryanto, Turut hadir dalam kegiatan tersebut Asisten I Pemkab Tanjung Jabung Timur, Camat Berbak serta Perwira Penghubung Kodim 0419/Tanjab.

Dalam kesempatan ini Kepala BTNBS menyampaikan progres pelaksanaan Kemitraan Konservasi dalam penyelesaian konflik tenurial antara masyarakat 5 desa penyangga TNB (Sungai Rambut, Rantau Rasau, Remau Bako Tuo, Air Hitam Laut dan Sungai Cemara) dengan BTNBS, untuk Sungai Rambut dan Rantau Rasau Kecamatan Berbak telah berproses dan akan dilakukan penanda Tanganan PKS Kemitraan Konservasi setelah mendapat persetujuan Dirjen KSDAE, sedangkan untuk 3 Desa di Kecamatan Sadu dalam tahap pembentukan kelompok Tani Hutan.

Bupati Tanjung Jabung Timur H. Romi sangat mengapresiasi dan mendukung program dan kebijakan yang telah dikeluarkan Dirjen KSDAE, H Rami juga berharap program ini benar-benar bisa terlaksana dengan baik setelah penanda tangan PKS nantinya, jangan hanya sebagai program untuk memenuhi kewajiban, untuk itu perlu dilakukan monitoring maupun evaluasi paling tidak 6 bulan sekali untuk mengetahui tingkat keberhasilannya kegiatanya.

Selain dari itu Kepala BTNBS juga menyampaikan upaya yang telah dilakukan dalam penyelesaian konflik satwa liar di sekitar TN Berbak dan upaya mengurangi ketergantungan hidup masyarakat terhadap kawasan Hutan serta meningkatkan ekonomi masyarakat melalui kegiatan pemberdayaan kelompok masyarakat seperti kegiatan Budi daya lebah madu, ternak ayam petelur, sapi dan lain sebagainya termasuk juga pelibatan peran gender ibu-ibu PKK sebagai salah satu kelompok Binaan BTNBS.

Sumber : Humas BTNBS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *